Unimus Resmikan Galeri Investasi Syariah: Wadah Edukasi Investasi untuk Mahasiswa dan Masyarakat

Suasana peresmian

SEMARANG (kampussemarang.com)- Dalam upaya meningkatkan pemahaman tentang investasi syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) meresmikan Galeri Investasi Syariah (GIS), Selasa (8/10/2024).

Pendirian galeri ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat luas, tidak hanya di lingkungan universitas, mengenai investasi saham dan pasar modal, terutama investasi syariah, yang semakin populer di kalangan masyarakat.

Tren meningkatnya investasi saham di Indonesia telah menimbulkan kekhawatiran tentang maraknya penipuan investasi bodong. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat, termasuk sivitas akademika Unimus, untuk memperoleh pengetahuan yang komprehensif tentang investasi di pasar modal, khususnya investasi syariah.

Ivan Chandra Putra, selaku Head Retail PT CGS International Sekuritas Indonesia, menyatakan bahwa pendirian GIS FEB Unimus merupakan bentuk komitmen dari CGS International dan memiliki peranan penting dalam perkembangan pasar modal di Indonesia.

“Pendirian GIS ini merupakan komitmen bagi CGS International sekaligus memiliki peranan penting dalam perkembangan pasar modal di Indonesia. Semoga dengan adanya GIS FEB Unimus ini, menjadi wadah yang baik bagi teman-teman mahasiswa untuk lebih mengenal investasi di pasar modal Indonesia,” ujarnya.

GIS FEB Unimus, yang terletak di lantai 6 Gedung Kuliah Bersama (GKB) I Unimus, terbuka tidak hanya untuk sivitas akademika Unimus, tetapi juga untuk masyarakat luas yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang investasi syariah di Indonesia.

Dekan FEB Unimus, Dr. Andwiani Sinarasri, S.E., M.Si., menyambut baik peresmian GIS ini, yang telah dinantikan selama hampir satu tahun.

“Peresmian Galeri Investasi Syariah (GIS) ini merupakan salah satu bentuk kegiatan yang telah kami nantikan. GIS menjadi ajang bagi mahasiswa untuk belajar praktik terkait investasi syariah. Kami berharap tempat ini dapat memberi manfaat bagi mahasiswa, universitas, dan tentu saja masyarakat luas,” ujar Dr. Andwiani.

Dirinya juga menambahkan bahwa hasil riset mahasiswa FEB terkait investasi syariah dapat diakses masyarakat melalui platform media sosial, seperti akun Instagram GIS yang telah memiliki lebih dari 200 pengikut.

Dedi Priadi, Kepala Divisi Pengembangan Pasar PT Bursa Efek Indonesia, turut hadir dalam acara peresmian tersebut. Dalam sambutannya, ia menekankan pentingnya peningkatan literasi keuangan dan investasi, terutama di tengah maraknya penipuan investasi bodong, yang seringkali menargetkan ibu rumah tangga.

“Selamat kepada Unimus yang telah menjadi bagian dari perkembangan Bursa Efek Indonesia. Banyak penipuan di sisi investasi disebabkan oleh kurangnya pengetahuan masyarakat. Dengan adanya GIS ini, Semarang, khususnya Unimus, memiliki pondasi yang kuat untuk meningkatkan literasi keuangan dan investasi. Sekali lagi, selamat kepada Unimus,” ujar Dedi Priadi.

Wakil Rektor II Unimus, Dr. Hardi Winoto, M.Si., juga memberikan sambutan dalam acara ini. Ia menyampaikan bahwa GIS akan memberikan manfaat besar bagi kemajuan mahasiswa FEB Unimus.

“Penting bagi mahasiswa untuk memahami apa yang diajarkan secara teori, dan kemudian memilih mana yang diminati. Terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang telah hadir memberikan pencerahan kepada para mahasiswa, agar mereka tidak hanya mendapatkan teori tetapi juga dapat mempraktikkannya di GIS ini. Semoga mahasiswa tidak bingung mengenai investasi dan bursa efek,” ungkap Dr. Hardi.

Acara peresmian GIS FEB Unimus juga dihadiri oleh Wakil Rektor IV, M. Yusuf, S.STPi., M.Si., Ph.D., serta beberapa kaprodi dan dosen dari lingkungan Unimus. Galeri Investasi Syariah FEB Unimus ini terbuka untuk umum, dan siapa pun yang ingin mempelajari lebih lanjut atau melakukan penelitian terkait aktivitas investasi di pasar modal, terutama investasi syariah, dipersilakan untuk berkunjung. (Ks01)

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Program Bisnis PGN Optimalkan Peran Strategis Gas Bumi dan Ekonomi Hijau Sejalan Asta Cita Prabowo-Gibran

JAKARTA (kampussemarang.com)– Sebagai Subholding Gas PT Pertamina Persero, dua jalur pengembangan bisnis PT Perusahaan Gas ...