Departemen Teknologi Industri SV Undip Gelar Summer Course 2024

Peserta Summer Course saat berpose bersama

SEMARANG kampussemarang.com -Departemen Teknologi Industri (DTI) Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro (SV Undip) menyelenggarakan Summer Course 2024, yang berlangsung lima hari mulai hari ini Senin (23/9/2024) sampai Jumat (27/9/2024), dengan mengusung tema Alternative Technology as Response to Climate Change and Energy Sustainable.

Adapun negara peserta Summer Course DTI SV Undip 2024 adalah China, South Sudan, Papua New Guinea, Pakistan, Nigeria,Tanzania, Vietnam, Afghanistan dan Kyrgyzstan.

Summer Course 2024 ini juga diikuti mahasiswa DTI SV Undip dari Program Studi (Prodi) Sarjana Terapan (STr) Rekayasa Perancangan Mekanik, Prodi STr Teknik Listrik Industri, Prodi STr Teknologi Rekayasa Kimia Industri, Prodi STr Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan dan Prodi STr Teknologi Rekayasa.

Peserta summer course sangat antusias mengikuti acara yang berlangsung secara hybrid (daring dan tatap muka) ini. Pasalnya, jumlah peserta untuk online saja mencapai 140-an orang dan secara tatap muka mencapai 100 mahasiswa.

Acara dibuka oleh Wakil Dekan II SV Undip Dr.Eng, Vita Paramita, S.T. M.M, M.Eng. Menurut Vita Paramita, program ini bertujuan mendukung usaha mewujudkan visi dan misi Universitas Diponegoro sebagai World Class University dan misi Sekolah Vokasi Undip bertaraf internasional.

”Kegiatan yang berskala internasional ini diharapkan dapat lebih meningkatkan citra, kerjasama internasional dan daya saing dari Sekolah Vokasi Undip, serta mendatangkan manfaat bagi sivitas akademika di dalamnya,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Dr. Zulfaidah Ariany S.T, M.T, mengatakan tujuan diadakannya Summer Course 2024 yang diikuti mahasiswa dari berbagai negara ini adalah untuk sharing ilmu pengetahuan dan pengembangan teknologi sesuai tema kali ini yakni teknologi alternatif sebagai respon terhadap perubahan iklim dan energi berkelanjutan. Selain sharing ilmu pengetahuan Summer Course 2024 ini juga dibarengi dengan beraneka ragam kegiatan pendidikan dan kebudayaan.

Hadir sejumlah pembicara yakni pakar dan akademisi dari dalam dan luar negeri. Di antaranya adalah Xie Jun (Jery), The International Education and Exchange Center Jiangsu Shipping College China (JSSC) dengan mengusung tema Green Technology in Shipping and Marine System dan Ahli Geothermal, Teknik Mesin dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Dr. Ir. Khasani, S.T., M.Eng, IPM., ASEAN Eng. Hadir juga Capt. Rahindra Bayu dari Politeknik Maritim Negeri (Polimarin) Semarang.

Sedangkan pada Selasa (24/9/2024) hadir sebagai pembicara adalah Ketua Keahlian Konversi Energi Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof. Dr. Ir. Ari Darmawan Pasek, Ph.D dengan materi Facing the Energy Transition dan President Director of the Pertamina Foundation Agus Mashud S Asngari dengan materi Green Policy and Technology in Indonesia. (Kj01)

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Program Bisnis PGN Optimalkan Peran Strategis Gas Bumi dan Ekonomi Hijau Sejalan Asta Cita Prabowo-Gibran

JAKARTA (kampussemarang.com)– Sebagai Subholding Gas PT Pertamina Persero, dua jalur pengembangan bisnis PT Perusahaan Gas ...