Bahasa Asing Sekolah Vokasi Undip Sukses Cetak Lulusan yang Diincar Perusahaan Internasional

SEMARANG (kampussemarang.com) – Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro (SV Undip) tak henti membuktikan kapasitasnya dalam mencetak lulusan siap bersaing di dunia kerja.

Nisrina Satyaningrum, alumni program studi Bahasa Asing Terapan angkatan 2019, merupakan salah satu contoh nyata bagaimana kurikulum yang relevan dengan industri dapat menghasilkan lulusan yang tidak hanya unggul secara akademis, tetapi juga memiliki keterampilan praktis yang sangat dibutuhkan dalam dunia profesional.

Ketertarikan Nisrina terhadap dunia penerjemahan bermula dari kekagumannya pada subtitle dalam berbagai film dan acara TV favoritnya.

“Saya sangat mengagumi ketrampilan para penerjemah subtitle yang bekerja di balik layar. Mereka bekerja keras demi memastikan penonton dapat menikmati film dengan nyaman” ujar Nisrina kepada pers di Semarang, Kamis (15/8/2024).

Tak ingin hanya menjadi penonton, Nisrina memberanikan diri untuk terjun ke dunia penerjemahan saat masih duduk di tahun kedua perkuliahan. Nisrina tak ragu menjalin kerja sama dengan berbagai klien lokal maupun internasional meski belum mengantongi ijazah D4 (Sarjana Terapan).

Ia sudah mengerjakan beragam jenis proyek penerjemahan, mulai dari menerjemahkan dokumen di bidang teknologi hingga membuat subtitle bahasa Inggris untuk acara TV berbahasa Indonesia.

Nisrina tidak hanya bekerja untuk kepentingan dirinya sendiri. Dengan sukarela, ia menyumbangkan kemampuannya untuk menerjemahkan video edukasi di channel YouTube TED-Ed ke dalam bahasa Indonesia. Melalui kontribusinya, Nisrina juga turut serta membuka jendela ilmu pengetahuan bagi masyarakat Indonesia.

Perjalanan Nisrina tidak berhenti sampai di situ. Tanpa menunggu lama setelah menyandang gelar Sarjana Terapan Linguistik, Nisrina menerima tawaran menarik untuk bekerja di sebuah perusahaan Australia sebagai penerjemah in-house. Ia bergabung dalam tim Indonesian Localization, sebuah tim yang bertanggung jawab untuk melokalkan produk-produk yang ditawarkan perusahaan agar relevan dengan pasar Indonesia.

Sebelum mantap memilih karier di posisinya sekarang, bekerja di Life Management Science Labs (perusahaan internasional yang juga punya kantor di Jakarta), Nisrina sempat dihadapkan dengan pilihan menarik dari sebuah maskapai penerbangan ternama asal Hong Kong. Tak hanya itu, ia juga sempat menarik perhatian salah satu perusahaan tech giant untuk bertugas di Singapura.

Prestasi yang Nisrina raih tentu tidak terlepas dari bimbingan para dosen di SV Undip.

“Saya tidak akan berada di titik ini tanpa dukungan dan bimbingan dari para dosen,” kata Nisrina.

Pengalaman menimba ilmu di Sekolah Vokasi Undip telah memberikan fondasi yang kokoh, baik dari segi teori maupun praktik, berkat kompetensi dan dedikasi para dosen program studi Bahasa Asing Terapan.

“Bagi saya, hal yang paling berkesan adalah kesempatan mengerjakan proyek di setiap mata kuliah. Ini sarana yang baik untuk menyalurkan teori yang telah dipelajari serta menggabungkannya dengan kreativitas dan minat masing-masing mahasiswa.” ujar Nisrina yang lulus Cumlaude dengan IPK 3,88.

Nisrina menilai bahwa tantangan yang ia hadapi selama pengerjaan tugas kuliah membekali dirinya dengan keterampilan yang sangat dibutuhkan di dunia profesional.

Nisrina berpesan kepada teman-teman mahasiswa program studi Bahasa Asing Terapan agar jangan pernah takut untuk mencoba hal-hal baru. Manfaatkan privilege sebagai mahasiswa Sekolah Vokasi Undip, misalnya dengan mendokumentasikan semua proyek atau tugas kuliah yang pernah dikerjakan. Sebab itu bisa menjadi portofolio yang memberikan nilai tambah saat mencari pekerjaan. (Ks01)

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Program Bisnis PGN Optimalkan Peran Strategis Gas Bumi dan Ekonomi Hijau Sejalan Asta Cita Prabowo-Gibran

JAKARTA (kampussemarang.com)– Sebagai Subholding Gas PT Pertamina Persero, dua jalur pengembangan bisnis PT Perusahaan Gas ...