FE Unissula Kukuhkan 2 Guru Besar Baru 

Rektor (kiri) bersama 2 guru besar baru

SEMARANG (kampussemarang com)- Rektor Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang Prof Dr Gunarto mengukuhkan 2 guru besar (profesor) baru Fakultas Ekonomi (FE) Unissula yaitu Prof Dr Indri Kartika SE MSi Akt (Bidang Ilmu Akuntansi) dan Prof Nurhidayati SE MSi PhD (bidang ilmu manajemen), Selasa (13/8/2024).

Prof Dr Indri Kartika tercatat sebagai guru besar ke-14 yang dimiliki FE Unissula, sedangkan Prof Nurhidayati PhD merupakan guru besar ke-15 di lingkungan FE Unissula.

Rektor menyampaikan apresiasi dan selamat atas lahirnya dua guru besar baru di FE dan berharap sumbangsih besar di bidang keilmuan kedua guru besar bagi Unissula.

“Dua guru besar baru memberi keteladanan kalau giat di bidang IPTEK dan beriman maka Alloh akan memuliakan hambanya tersebut. Guru besar haruslah punya ciri haus akan belajar pengetahuan” ujar Prof Gunarto.

Sementara itu pada pidato pengukuhannya yang berjudul “Corporate Governance di Indonesia dan Tantangannya di Era Society ” Prof Indri Kartika menyampaikan penguatan perekonomian yang berkelanjutan kian dibutuhkan. Tidak hanya untuk menghadapi dampak krisis akibat pandemi Covid -19 namun juga menghadapi berbagai tantangan global yang diperkirakan masih akan berlangsung hingga beberapa tahun ke depan.

“Salah satu caranya dengan memperbaiki data kelola korporasi (Corporate Governance) . Hal tersebut diharapkan dapat membangun sumber pertumbuhan ekonomi baru sehingga mempercepat pemulihan ekonomi dan memitigasi risiko yang muncul” ujar Prof Indri Kartika.

Sedangkan Prof Nurhidayati dalam pidato pengukuhan “Inter-organizational Knowledge Mechanism Dalam Perspektif Religius: Sebuah pendekatan menuju Percepatan Transformasi Digital UMKM” , menyampaikan transformasi dan penguatan ekosistem digital akan menjadi hal penting untuk diterapkan bagi UMKM di Indonesia.

“Oleh karenanya proses Inter-organizational knowledge mechanism (IOKMs) dan kapabilitas belajar untuk meningkatkan penciptaan pengetahuan harus terus dilakukan ” ujar Prof Nurhidayati.

Selain itu, ujar Prof Nurhidayati, peningkatan transformasi digital UMKM di Indonesia bisa ditelaah dari sisi pendekatan pembelajaran melalui interaksi interaksi informal yang dilakukan UMKM dalam setting informal untuk menciptakan konversi pengetahuan yang bersifat tacit.

Selain dihadiri oleh Rektor, acara pengukuhan dihadiri pula oleh Dekan FE Unissula Prof Dr Heru Sulistyo SE MSi, Ketua Pembina Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA) Drs Azhar Combo, Ketua Umum YBWSA Dr Bambang Tri Bawono SH MH, serta beberapa pejabat lainnya. (Ks01)

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Program Bisnis PGN Optimalkan Peran Strategis Gas Bumi dan Ekonomi Hijau Sejalan Asta Cita Prabowo-Gibran

JAKARTA (kampussemarang.com)– Sebagai Subholding Gas PT Pertamina Persero, dua jalur pengembangan bisnis PT Perusahaan Gas ...