Polines Gelar Dies ke-42: Lulusannya 90 Persen Langsung Kerja

Senat Polines saat Dies

SEMARANG (kampussemarang.com)- Politeknik Negeri Semarang (Polines) kian menunjukkan eksistensi sebagai salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) Vokasi teratas di Indonesia.

Terbukti, pada tahun akademik 2023-2024, pendaftar Polines mencapai 14.000 calon mahasiswa dan diterima sebanyak 2.770 mahasiswa atau 19,7 persen, melalui jalur SNBP, SNBT, SPBP, SPBT, UM dan ADik 3T.

Angka tersebut meningkat pada tahun ini dengan jumlah pendaftar mencapai 19.103 melalui jalur SNBT.

“Polines menempati lima teratas PTN Vokasi dengan pendaftar terbanyak,” ujar Direktur Polines Dr. Eni Dwi Wardihani, S.T., M.T. saat menyampaikan sambutan pada Dies Natalis ke-42 Polines, di kampus setempat, Selasa (6/8/2024).

Eni menyampaikan, serapan tenaga kerja lulusan Polines di dunia kerja sangat tinggi. Sebanyak 90 persen lulusan Polines langsung bekerja dengan masa tenggang hanya tiga bulan setelah lulus.

Sebagian lagi ada yang memilih berwiraswasta, atau meneruskan akademik (studi).

“Kami selalu berusaha untuk melaksanakan Pendidikan tinggi vokasi bidang teknologi dan bisnis yang unggul, berkarakter, dan beretika, melalui peningkatan manajemen institusi, serta tata kelola yang diwujudkan dengan berbagai penghargaan,” ungkap Eni.

Dikatakan pula, melalui visi sebagai perguruan tinggi terapan yang diakui nasional dan internasional,  Polines akan menjadi perguruan tinggi penyelenggara program vokasi yang menghasilkan lulusan dengan kompetensi sesuai dengan kebutuhan industri, berdaya saing, dan kontribusi nyata dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Kami mewujudkan cita-cita Polines 2029 sebagai pusat inovasi teknologi dan bisnis yang terintegrasi dan memiliki kontribusi nyata dengan program berkelanjutan hingga tahun 2029,” lanjutnya.

Saat ini, kata Eni, kualitas Pendidikan Polines semakin diperkuat dengan penjamin mutu melalui raihan akreditasi yang diperoleh, yakni 27 Prodi dengan 1 prodi terakreditasi internasional dari Taiwan, 9 Unggul, 5 prodi terakreditasi A, 2 Baik Sekali, 7 Prodi terakreditasi Baik, dan 2 Prodi baru dalam proses akreditasi.

“Kami juga berpartisipasi aktif mengikuti forum Kerjasama internasional serta selalu memfasilitasi mahasiswa dalam program beasiswa internasional IISMA.

Lebih lanjut Eni mengemukakan, Polines akan terus membangun kolaborasi dan sinergi internal maupun eksternal, serta memberikan layanan pendidikan yang unggul dan berdaya saing internasional untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. (Ks01)

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Program Bisnis PGN Optimalkan Peran Strategis Gas Bumi dan Ekonomi Hijau Sejalan Asta Cita Prabowo-Gibran

JAKARTA (kampussemarang.com)– Sebagai Subholding Gas PT Pertamina Persero, dua jalur pengembangan bisnis PT Perusahaan Gas ...