Rofik Wahyu Hidayat, Mahasiswa Sekolah Vokasi Undip Juara Pilmapres 2024

Rofik Wahyu Hidayat (paling kanan) saat menerima penghargaan.

SEMARANG (kampussemarang.com)- Rofik Wahyu Hidayat, mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknologi Rekayasa Kimia Industri (TRKI), Semester 6, Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro (SV Undip) berhasil meraih juara tiga untuk kategori Program Diploma dalam ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres 2024). Pelaksanaan final dilakukan secara luring di Universitas Negeri Gorontalo tanggal 24 sampai 28 Juli 2024.

Pilmapres merupakan kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia dan berlangsung setiap tahunnya. Tujuannya untuk memberikan apresiasi kepada mahasiswa terbaik yang siap menjadi agen perubahan untuk membangun Indonesia yang lebih baik. Dengan fokus program Sarjana dan Diploma. Pada final ini tersaring 31 mahasiswa dari 28 perguruan tinggi yang ikut.

Dekan SV Undip Prof. Dr. Ir. Budiyono, M.Si mengatakan, sangat bersyukur atas capaian Rofik Wahyu Hidayat. Pasalnya, selain membawa nama baik Undip, juga akan menjadi contoh dan inspirasi mahasiswa lain untuk menopang kemajuan Undip dan bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Acara ditutup oleh Staf Ahli Bidang Manajemen Talenta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Tatang Muttaqin, S.Sos.,M. Ed., Ph.D. Sabtu (28/7/2024).

Dalam kesempatan itu Tatang Muttaqin, mengatakan ajang pilmapres merupakan pencapaian luar biasa bagi peserta yang masuk dalam Pilmapres 2024. Mereka ada dalam level terbaik dan mahasiswa terbaik di Indonesia.

”Adik-adik merupakan talenta yang akan menjadi pemenang di bidangnya. Tidak hanya kemampuan sosial, akademik dan portofolio, tapi semua lini,” jelasnya.

Menurut Tatang, pengembangan talenta, merupakan salah satu bentuk untuk mengembangkan kegiatan di kampus. Sehingga mahasiswa bisa ditempa di bidangnya. Menghasilkan hard skill dan soft skill yang berdampak pada masyarakat luas.

”Peserta Pilmapres adalah mahasiswa teladan yang bisa ditiru oleh mahasiswa lainnya.  Sehingga kiprahnya berdampak pada kebaikan bagi yang lain. Kompetisi ini memberi kemampuan bagi mereka peserta untuk berdedikasi. Platform mendorong untuk berprestasi dan teladan,” jelasnya.  (Ks01)

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Program Bisnis PGN Optimalkan Peran Strategis Gas Bumi dan Ekonomi Hijau Sejalan Asta Cita Prabowo-Gibran

JAKARTA (kampussemarang.com)– Sebagai Subholding Gas PT Pertamina Persero, dua jalur pengembangan bisnis PT Perusahaan Gas ...